Pesta Demokrasi sebentar Lagi, Beda pilihan Politik Harus Ribut?

- Penulis

Selasa, 9 Januari 2024 - 08:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

POLITIK – pemilihan umum (pemilu) adalah salah satu pilar demokrasi yang memberikan hak kepada rakyat untuk memilih pemimpin dan wakilnya. Pemilu juga merupakan sarana untuk mengekspresikan aspirasi dan kepentingan rakyat dalam pembangunan bangsa. Namun, pemilu juga bisa menimbulkan perpecahan dan konflik jika tidak dilakukan dengan bijak dan toleran.

Beda pilihan politik adalah hal yang wajar dan sah dalam demokrasi. Setiap orang memiliki hak untuk memilih calon yang sesuai dengan keyakinan, ideologi, dan visinya. Namun, beda pilihan politik tidak boleh menjadi alasan untuk saling bermusuhan, mencaci, atau menghancurkan karakter teman. Kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menghormati pilihan orang lain.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan teman yang berbeda pilihan politik, antara lain:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mengedepankan sikap santun dan sopan dalam berdiskusi atau berdebat. Hindari kata-kata kasar, fitnah, atau provokasi yang bisa menyinggung perasaan teman. Jangan lupa untuk mendengarkan pendapat teman dengan baik dan menghargai argumennya.

Baca Juga :  The Changing Face of America: How Demographic Shifts are Reshaping the Nation

Menjaga batas-batas etika dan moral dalam berpolitik. Jangan menggunakan cara-cara kotor, seperti uang, kekerasan, atau intimidasi untuk mempengaruhi pilihan teman. Jangan juga menyebarkan hoax, fitnah, atau kabar buruk tentang calon yang tidak kita dukung. Ingatlah bahwa tujuan pemilu adalah untuk memilih pemimpin yang terbaik, bukan yang terburuk.

Menyadari bahwa politik bukanlah segalanya dalam hidup. Ada banyak hal lain yang lebih penting dan berharga, seperti keluarga, kesehatan, pendidikan, dan karier. Jangan sampai kita mengorbankan hal-hal tersebut demi politik. Jangan juga memutuskan hubungan dengan teman hanya karena beda pilihan politik. Kita masih bisa bersahabat dan bekerja sama dengan teman yang berbeda pandangan, asalkan kita saling menghormati dan menghargai.

Menjalin komunikasi yang baik dan terbuka dengan teman. Jika ada perbedaan pendapat atau konflik, segera bicarakan dan selesaikan dengan baik-baik. Jangan menutup diri atau menghindari teman. Jangan juga membiarkan masalah berlarut-larut dan memperburuk hubungan. Cobalah untuk mencari titik temu atau solusi yang bisa diterima oleh kedua belah pihak.

Baca Juga :  Konsekuensi Jika KPU Tidak Menjalankan PSU yang Direkomendasikan Bawaslu dan Panwascam

Menjaga sikap toleran dan menghargai keragaman. Indonesia adalah negara yang majemuk, yang terdiri dari berbagai suku, agama, budaya, dan golongan. Kita harus bangga dengan keberagaman tersebut, dan menjadikannya sebagai kekuatan, bukan kelemahan. Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada, dan tidak memaksakan kehendak atau pilihan kita kepada orang lain.

Pemilu adalah pesta demokrasi yang harus kita rayakan dengan sukacita dan semangat. Jangan biarkan beda pilihan politik mengganggu persahabatan dan persaudaraan kita. Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang besar, yang bisa bersatu dalam perbedaan, dan bersama-sama membangun negeri yang lebih baik.

“Jangan terlalu bodoh, ngegasnya minta ampun demi satu pilihan yang menurutnya pasti lebih baik dari pilihan lain, ribut gara-gara pilihan memperlihatkan suatu pemahaman dangkal, yaaa namanya aja politik, kita masyarakat ya harus jangan mudah terbawa suasana, tujuan mereka kan sama, sama-sama ingin indonesia kuat, maju, dan tidak diacuhkan oleh negara lain,”ujar Nanda Masyarakat Kaur.

Penulis : Zoni aprizon

Editor : Red

Berita Terkait

Unifying the World Through Soccer: The Global Impact of the World Cup
The Changing Face of America: How Demographic Shifts are Reshaping the Nation
Berita ini 71 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 21:41 WIB

Pemerintah Kab.Kaur membentuk Tim Pengawasan Perusahaan Di Bidang Lingkungan Hidup, ini Tugas Tim !

Sabtu, 18 Mei 2024 - 19:34 WIB

Sinergitas Pemerintah Daerah dan Lembaga Peradilan: Kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu ke Bupati Kaur

Jumat, 17 Mei 2024 - 11:12 WIB

Sinergi Kominfo dan Pemda Kaur Tingkatkan Kapasitas Agen Kewaspadaan Dini

Kamis, 16 Mei 2024 - 08:43 WIB

DPD APPI Kaur Serukan Keadilan: Pencurian Ternak Harus Diberantas

Senin, 13 Mei 2024 - 22:02 WIB

DPRD Kabupaten Kaur Gelar Rapat Paripurna, Sampaikan Rekomendasi LKPJ Kepala Daerah Tahun 2024

Sabtu, 11 Mei 2024 - 15:39 WIB

Desa Kedataran Mulai Pembangunan Rabat Beton Jalan Usaha Tani

Kamis, 9 Mei 2024 - 11:37 WIB

Gotong Royong di Desa Jembatan Dua: Bersihkan Selokan, Bangun Kebersamaan

Rabu, 8 Mei 2024 - 11:29 WIB

Masyarakat Maje dan Nasal Desak PLN Bintuhan Untuk Peningkatan Kualitas Layanan

Berita Terbaru