7 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

- Penulis

Rabu, 3 Januari 2024 - 19:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KESEHATAN – Makanan sehat untuk ibu hamil adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tidak hanya mempengaruhi kesehatan ibu, tetapi juga perkembangan janin di dalam kandungan.

Oleh karena itu, ibu hamil harus memilih makanan yang bergizi, seimbang, dan aman untuk dikonsumsi.
Namun, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi?

Berikut adalah 7 makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa Anda jadikan referensi:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Telur

Telur adalah sumber protein hewani yang baik untuk ibu hamil. Protein adalah zat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel baru pada janin, termasuk otak, otot, dan tulang. Selain protein, telur juga mengandung zat besi, kolin, folat, dan vitamin A, D, E, dan B12 yang bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin.

Namun, pastikan Anda memasak telur dengan baik sebelum mengonsumsinya. Hindari mengonsumsi telur mentah atau setengah matang, karena bisa meningkatkan risiko infeksi salmonella. Anda juga harus memperhatikan kebersihan telur dan alat masak yang digunakan.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, dan selada adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran hijau bisa membantu ibu hamil mencegah sembelit, anemia, infeksi, dan gangguan imun. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung folat yang penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin.

Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis dengan sedikit minyak. Hindari mengonsumsi sayuran hijau yang sudah layu, berubah warna, atau berbau tidak sedap. Anda juga harus mencuci sayuran hijau dengan air mengalir sebelum mengolahnya.

3. Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang menyediakan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Buah-buahan bisa membantu ibu hamil menjaga kesehatan pencernaan, kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh. Beberapa buah yang baik untuk ibu hamil adalah jeruk, apel, pisang, alpukat, kiwi, dan beri.

Baca Juga :  Dumptruck Tabrak Avanza di Kaur, Sopir Selamat Berkat Aksi Cepat

Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dengan cara dimakan langsung, dibuat jus, atau dicampur dengan yogurt atau oatmeal. Hindari mengonsumsi buah-buahan yang sudah busuk, berjamur, atau berlubang. Anda juga harus mencuci buah-buahan dengan air mengalir sebelum mengonsumsinya.

4. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya seperti yogurt, keju, dan susu fermentasi adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung kalsium, protein, vitamin, dan probiotik. Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu. Protein, vitamin, dan probiotik juga bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin.

Anda bisa mengonsumsi susu dan produk olahannya dengan cara diminum, dimakan, atau dicampur dengan makanan lain. Pilihlah susu dan produk olahannya yang rendah lemak, tidak mengandung gula tambahan, dan sudah dipasteurisasi. Hindari mengonsumsi susu dan produk olahannya yang sudah kedaluwarsa, berbau tidak sedap, atau berubah tekstur.

5. Ikan

Ikan adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung protein, omega-3, yodium, dan selenium. Protein adalah zat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel baru pada janin, termasuk otak, otot, dan tulang. Omega-3 adalah asam lemak yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan penglihatan janin, serta mencegah depresi pada ibu. Yodium dan selenium adalah mineral yang penting untuk fungsi tiroid dan metabolisme.

Anda bisa mengonsumsi ikan dengan cara digoreng, direbus, dipanggang, atau dibakar. Pilihlah ikan yang segar, bersih, dan tidak berbau amis. Hindari mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi, seperti ikan hiu, ikan todak, ikan marlin, dan ikan layar. Anda juga harus memperhatikan porsi dan frekuensi mengonsumsi ikan, yaitu tidak lebih dari 340 gram per minggu.

Baca Juga :  Demam Berdarah Mengintai, Dinkes Kaur Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, dan kacang almond adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung protein, serat, folat, zat besi, dan magnesium. Protein adalah zat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel baru pada janin, termasuk otak, otot, dan tulang. Serat bisa membantu ibu hamil mencegah sembelit dan menurunkan kolesterol. Folat, zat besi, dan magnesium adalah mineral yang penting untuk kesehatan ibu dan janin.

Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan dengan cara direbus, dikukus, digoreng, atau dibuat menjadi bubur, soto, atau salad. Pilihlah kacang-kacangan yang utuh, kering, dan tidak berjamur. Hindari mengonsumsi kacang-kacangan yang sudah basah, lembek, atau berbau tidak sedap. Anda juga harus merendam kacang-kacangan sebelum mengolahnya untuk menghilangkan zat anti gizi.

7. Air Putih

Air putih adalah minuman sehat untuk ibu hamil yang sangat penting untuk dikonsumsi. Air putih bisa membantu ibu hamil menghidrasi tubuh, melancarkan sirkulasi darah, mengeluarkan racun, dan mencegah infeksi. Air putih juga bisa membantu ibu hamil mengatasi mual, pusing, sakit kepala, dan kelelahan.

Anda harus mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Pilihlah air putih yang bersih, jernih, dan tidak berbau. Hindari mengonsumsi air putih yang kotor, keruh, atau berbau tidak sedap. Anda juga harus memperhatikan kebersihan gelas dan botol yang digunakan untuk minum air putih.

Itulah 7 makanan sehat untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi. Dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, Anda bisa menjaga kesehatan Anda dan janin Anda. Selain itu, Anda juga harus rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, istirahat yang cukup, dan olahraga yang sesuai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah membaca. 😊

Penulis : Red

Berita Terkait

Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadan: Panduan Praktis
Apakah Ibu Hamil Makan Mi Instan Itu Bahaya? Ini Fakta yang Harus Anda Ketahui
Demam Berdarah Mengintai, Dinkes Kaur Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan
Perbedaan Bayi Laki-Laki dan Perempuan Saat dalam Kandungan: Ini Fakta dan Mitosnya!
Apakah Makanan Pedas Bisa Membahayakan Janin? Ini Fakta dan Mitosnya!
Inilah Program-Program Unggulan Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur di Tahun 2024!
Hasil Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Kaur Belum Keluar, PLT Kepala Dinkes: Kita Masih Menunggu
Kapolres Kaur Berikan Bansos kepada Anggota yang Kecelakaan
Berita ini 19 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 23 Mei 2024 - 19:47 WIB

Warga Kaur Pertanyakan Kualitas Proyek Jalan Rp40 Miliar

Kamis, 23 Mei 2024 - 15:15 WIB

Rapat Pari Purna Istimewa DPRD Kabupaten Kaur: HUT Kabupaten Kaur ke-21

Senin, 20 Mei 2024 - 21:41 WIB

Pemerintah Kab.Kaur membentuk Tim Pengawasan Perusahaan Di Bidang Lingkungan Hidup, ini Tugas Tim !

Sabtu, 18 Mei 2024 - 19:34 WIB

Sinergitas Pemerintah Daerah dan Lembaga Peradilan: Kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu ke Bupati Kaur

Kamis, 16 Mei 2024 - 08:43 WIB

DPD APPI Kaur Serukan Keadilan: Pencurian Ternak Harus Diberantas

Senin, 13 Mei 2024 - 22:02 WIB

DPRD Kabupaten Kaur Gelar Rapat Paripurna, Sampaikan Rekomendasi LKPJ Kepala Daerah Tahun 2024

Senin, 13 Mei 2024 - 16:30 WIB

Misteri 350 Juta Rupiah Perbulan: Kemana Mengalirnya Dana Penerangan Jalan Kaur?

Sabtu, 11 Mei 2024 - 15:39 WIB

Desa Kedataran Mulai Pembangunan Rabat Beton Jalan Usaha Tani

Berita Terbaru

Bengkulu

Warga Kaur Pertanyakan Kualitas Proyek Jalan Rp40 Miliar

Kamis, 23 Mei 2024 - 19:47 WIB